MEMILIH SEKOLAH YANG TEPAT BUAT ANAK

Menjelang tahun ajaran baru, tidak sedikit orang tua yang merasa dipusingkan ketika harus memilih sekolah terbaik untuk buah hatinya. Untuk memastikan putra dan putri tercinta mendapatkan pendidikan berkualitas, tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Memahami karakteristik anak
Memahami karakteristik anak mulai dari kepribadian

minat/bakat, gaya belajar dan juga apakah anak memiliki kebutuhan khusus atau tidak. Ada anak yang bisa menangkap pelajaran bila berada di group yang kecil, ada juga yang lebih senang belajar bersama banyak teman.

2. Mencari sekolah yang tepat
Setelah mengetahui karakteristik anak, selanjutnya adalah memilih sekolah yang tepat buat anak. Mintalah saran atau pendapat kepada teman, saudara atau tetangga sekitar.
Hal yang perlu diperhatikan, misalnya:
* kurikulum yang dipakai
* kualitas pendidiknya
* metode pembelajaran
* jumlah siswa per kelas
* fasilitas yang tersedia
* reputasi sekolah, dan lain-lain.

3. Datang ke sekolah
Setelah mempunyai gambaran, datanglah ke sekolah yang telah dipilih. Lihatlah ruang kelasnya, carilah informasi untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas. Biasanya juga ada pajangan hasil karya siswa. Dari situ bisa dilihat seberapa besar sekolah tersebut memotivasi kreatifitas anak didiknya.

4. Biaya pendidikan
Ini hal penting yang harus diperhatikan. Sebaiknya perhitungkan berapa besar perkiraan biaya hingga anak lulus sekolah, termasuk biaya buku dan biaya penunjang lainnya.

Hal-hal yang perlu dihindari adalah, jangan sampai kita memilih sekolah bukan berdasarkan kepentingan anak, tapi yang lainnya, seperti ingin anaknya sekolah disitu biar bergabung dengan kalangan tertentu saja. Atau karena si A sekolah disitu, maka anakku juga harus sekolah disitu juga. Minat anak berbeda-beda, kasihan anak kalau sekolah merasa terpaksa yang akhirnya bisa berhenti di tengah jalan dan harus mencari sekolah yang lainnya lagi.



0 Response to "MEMILIH SEKOLAH YANG TEPAT BUAT ANAK"